COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona jenis baru dan para ahli di Indonesia dan global masih terus meneliti sejauh mana keganasan dan tingkat penyebarannya. Pada jenis virus corona sebelumnya, diketahui penyebaran utamanya adalah dari kontak jarak dekat, orang ke orang melalui jalur pernapasan dari percikan batuk atau bersin (droplets). 

Yang termasuk dalam kategori kontak jarak dekat saat menangani pasien adalah

  • Berada dalam jarak 2 meter dari pasien dengan COVID-19 dalam waktu yang lama 
  • Kontak langsung dengan sekresi pasien dengan COVID-19 yang dapat menginfeksi termasuk sputum, serum, darah, dan droplet dari jalur pernapasan

Menurut WHO gejala utama COVID-19 adalah demam, batuk kering dan rasa lelah. Sejumlah pasien dapat mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, hidung meler, sakit tenggorokan dan diare. Gejala-gejala biasanya ringan dan berkembang secara bertahap. Sebagian orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apapun dan tidak merasa sakit.  

Kebanyakan orang (80%) sembuh tanpa mendapatkan pengobatan khusus. Sementara, 1 dari 6 orang yang menderita COVID-19 mengalami sakit yang serius dan mengalami sesak napas. Kelompok lansia (lanjut usia) dan mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau diabetes berisiko mengalami kesakitan yang lebih serius.

Pastikan Anda selalu terinformasikan.

Follow #BersatuLawanCovid19 atau subscribe ke Twitter, Facebook dan Instagram kami!

MATERI EDUKASI

Pengetahuan adalah segalanya. Pastikan berbagi informasi yang benar dengan keluarga, kerabat, rekan kerja dan lingkungan Anda.
Lihat Materi Edukasi

ISOLASI MANDIRI. Apa, Kapan, dan Bagaimana?