[SALAH] Alfamart Menyumbangkan 6000 Kupon untuk Membantu Melawan COVID-19 - Hoax Buster | Covid19.go.id

Hoax Buster

[SALAH] Alfamart Menyumbangkan 6000 Kupon untuk Membantu Melawan COVID-19

Hasil Periksa Fakta Indri Pramesti Widyaningrum (Anggota Komisariat MAFINDO Gunadarma)

Nur Rachman selaku Corporate Communication GM Alfamart menyebutkan jika perusahaan tidak mengadakan kuis atau kegiatan survei dengan imbalan hadiah.

=====

Kategori: Konten Palsu

=====

Sumber: WhatsApp

1

=====

Narasi:

“Alfamart 🛒 akan menyumbangkan 6.000 kupon gratis senilai Rp 2.000.000 untuk membantu melawan Covid-19. Saya baru saja mengambil voucher saya di sini: https://t[dot]co/R8nJz1ubpQ

=====

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi yang menyebutkan jika Alfamart menyumbangkan 6000 kupon gartis dengan nilai 2 juta rupiah untuk membantu melawan COVID-19.

Setelah melakukan penelusuran, diketahui bahwa Alfamart tidak pernah mengadakan program penyumbangan 6000 kupon gratis dengan nilai Rp2 juta untuk melawan COVID-19. Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman menyebutkan bahwa PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. tidak mengadakan kuis atau kegiatan survei dengan imbalan hadiah seperti yang tertera di website/situs berikut: 6.000 kupon gratis senilai Rp2.000.000,00 untuk membantu melawan COVID-19.

“Kami mohon masyarakat agar waspada terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan Alfamart dengan memberi iming-iming hadiah atau voucher belanja, karena situs tersebut tidak benar dan bukan dari situs resmi kami. Penawaran voucher hanya melalui nomor resmi WhatsApp Alfamart di 08111500959,” ujar Nur Rachman.

Selain itu PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. juga telah melaporkan melalui surat elektronik kepada Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika RI untuk memblokir situs tersebut dan menyatakan jika pesan terseut adalah hoaks yang dapat merugikan dan menyesatkan masyarakat banyak.

Racham juga mengharapkan kepada konsumen untuk tetap waspada apabila mendapatkan tawaran seperti pesan tersebut. Semua yang berkaitan dengan pemberian voucher atau promo oleh Alfamart hanya melalui situs resmi www.alfamartku.com, akun media sosial facebook Alfamart, instagram www.instagram.com/alfamart, twitter www.twitter.com/alfamart dan nomor resmi WhatsApp Alfamart 08111500959. Di luar dari semua akun sosial media di atas adalah informasi tidak benar.

Berdasarkan bantahan dalam penjelasan di atas mengenai informasi yang menyebutkan jika Alfamart menyumbangkan 6000 kupon gratis adalah tidak benar, maka pesan tersebut masuk ke dalam Konten Palsu.

=====

Referensi:

2

3

4

5

6

7

The post [SALAH] Alfamart Menyumbangkan 6000 Kupon Untuk Membantu Melawan COVID-19 appeared first on TurnBackHoax.

Bagikan

Info Penting