[SALAH] Kumpulan Mobil di Pool Grab Cinere karena Sopir Tidak Sanggup Bayar Kredit Saat Covid-19 - Hoax Buster | Covid19.go.id

Hoax Buster

[SALAH] Kumpulan Mobil di Pool Grab Cinere karena Sopir Tidak Sanggup Bayar Kredit Saat Covid-19

Public Relations Manager Grab Indonesia, Andre Sebastian menyatakan bahwa tempat atau pool dalam video memang benar milik mitra rental Grab under PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI), tetapi tempat tersebut untuk kondisi mobil yang bermacam-macam, bukan terkait pengembalian mobil yang dilakukan berbondong–bondong karena Covid-19.

=====

Kategori: Misleading Content

=====

Sumber: Media Sosial Twitter

PoolGrab1.png

=====

Narasi:

  1. Pool Grab Cinere Semoga wabah Covid-19 di Indonesia segera selesai ya Allah sehingga perekonomian segera pulih kembali. #CekalCoronaSaveEkonomi@YRadianto@03__nakula@shinichikudo991@tacubz,” cuit akun Twitter Den mas Pupunk atau @arjuno_ireng01, Rabu (8/4).

  2. “Ini suasana Pool Cinere, Pool Grab, ini orang gak sangup lagi bayar kreditnya jadi dipulangkan saja semuanya, sopirnya pada stres pada pulang kampung, gak bisa makan, gak bisa bayar kontrakan,” bunyi suara seorang pria dalam video yang diunggah akun Twitter @arjuno_ireng01, Rabu (8/4).

=====

Penjelasan:

PoolGrab2.png

Akun Twitter Den mas Pupunk atau @arjuno_ireng01 mengunggah video berdurasi 30 detik dengan suasana kumpulan mobil di suatu tempat. Akun itu juga menambahkan narasi sebagai berikut:

Pool Grab Cinere Semoga wabah Covid-19 di Indonesia segera selesai ya Allah sehingga perekonomian segera pulih kembali. #CekalCoronaSaveEkonomi@YRadianto@03__nakula@shinichikudo991@tacubz,” cuit akun Twitter Den mas Pupunk atau @arjuno_ireng01, Rabu (8/4).

Dalam video tersebut juga terdengar suara seorang pria yang menyatakan bahwa kumpulan mobil itu adalah milik para sopir Grab Car yang dikembalikan karena sudah tidak sanggup lagi membayar kreditnya. Berikut narasi lengkap dalam video tersebut:

“Ini suasana Pool Cinere, Pool Grab, ini orang gak sangup lagi bayar kreditnya jadi dipulangkan saja semuanya, sopirnya pada stres pada pulang kampung, gak bisa makan, gak bisa bayar kontrakan,” bunyi suara seorang pria dalam video yang diunggah akun Twitter @arjuno_ireng01, Rabu (8/4).

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, diketahui cuitan beserta video yang dibagikan akun @arjuno_ireng01 adalah tidak benar atau keliru.

Public Relations Manager Grab Indonesia, Andre Sebastian menyatakan bahwa kabar yang disebarkan akun Twitter @arjuno_ireng01 adalah hoaks (hoax). Ia menyatakan tempat atau pool dalam video memang benar milik mitra rental Grab under PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI), tetapi tempat tersebut untuk kondisi mobil yang bermacam-macam, bukan terkait pengembalian mobil yang dilakukan beramai–ramai karena wabah Covid-19.

Andre pun menerangkan bahwa pihak Grab Indonesia juga telah mempersiapkan skema bantuan dan langkah-langkah untuk mendukung program pemerintah yang bertujuan untuk membantu mengurangi kendala keuangan yang dihadapi oleh pra mitra Grab.

Berikut penjelasan Andre dalam artikel bertajuk “[HOAKS] Video Mitra Grab Kembalikan Mobil di Pool Cinere” yang ditayangkan kompas.com pada Kamis (9/4).

“[HOAKS] Video Mitra Grab Kembalikan Mobil di Pool Cinere

KOMPAS.com – Sebuah video berisi informasi mengenai adanya deratan mobil yang terparkir diduga berada di Pool Grab di Cinere, Depok, Jawa Barat beredar luas di media sosial, Twitter pada Rabu (8/4/2020). Dalam video tersebut disebutkan bahwa deretan mobil tersebut merupakan mobil sewaan yang dikembalikan oleh mitra Grab lantaran mereka pulang kampung. Namun, setelah dikonfirmasi kepada pihak Grab Indonesia, kabar tersebut tidak benar.

Narasi yang beredar Berdasarkan penelusuran Kompas.com, salah satu akun Twitter bernama Den mas Pupunk, @arjuno_ireng01 mengunggah video yang menampilkan deretan mobil terparkir di Pool Grab Cinere.

Ia juga menyebut beberapa akun dalam twitnya.

“Pool Grab Cinere Semoga wabah Covid-19 di Indonesia segera selesai ya Allah sehingga perekonomian segera pulih kembali. #CekalCoronaSaveEkonomi@YRadianto@03__nakula@shinichikudo991@tacubz,” tulis Den mas Pupunk.

Selain itu, dalam video berdurasi 30 detik tersebut juga terdengar seorang pria mengungkapkan, deretan mobil tersebut dikembalikan ke pool lantaran mitra Grab memilih pulang kampung dan tidak sanggup lagi merampungkan masa kredit.

Berikut bunyi pesan tersebut: “Ini suasana Pool Cinere, Pool Grab, ini orang gak sangup lagi bayar kreditnya jadi dipulangkan saja semuanya, sopirnya pada stres pada pulang kampung, gak bisa makan, gak bisa bayar kontrakan”.

Hingga kini, unggahan tersebut telah di-retwit sebanyak 121 kali dan telah disukai sebanyak 245 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Penjelasan Grab

Menanggapi adanya unggahan itu, Public Relations Manager Grab Indonesia, Andre Sebastian menegaskan bahwa informasi yang beredar merupakan hoaks.

“Jadi, terkait videonya, memang itu tempat poolnya mitra rental Grab under PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI). Sebenarnya tempat tersebut untuk kondisi mobil yang bermacam-macam, seperti butuh perbaikan atau lainnya,” ujar Andre saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

“Bukan karena adanya Covid-19 terus mereka berbondong-bondong mengembalikan mobil itu, enggak seperti itu,” lanjut dia.

PT TPI merupakan perusahaan angkutan sewa khusus (rental/kendaraan) sekaligus perusahaan mitra terpercaya Grab.

Program kemitraan

Andre menjelaskan, mitra Grab Car ada yang memiliki mobil secara individu ada yang bekerja sama dengan pihak rental mobil yakni PT TPI.

Namun, PT TPI ini merupakan perusahaan leasing yang memiliki sejumlah program untuk meringankan keuangan mitranya.

“Kalau dari minggu lalu, spesifik dari TPI sendiri memang ada program yang sudah dikomunikasikan ke mitranya, karena mereka juga terkena dampak suasana virus corona, tetapi mereka sudah menyiapkan paket bantuan, salah satunya penundaan biaya rental (penangguhan selama 2 bulan) dan cash reward,” terang Andre.

Oleh karena itu, diindikasikan ada beberapa mitra yang mengembalikan mobil tersebut secara sukarela untuk mendapatkan cash reward dan program loyalti lainnya.

Ada juga mitra yang mengembalikan mobil tersebut karena kondisi mobil yang rusak atau butuh perbaikan.

Di sisi lain, pihak Grab Indonesia telah mempersiapkan skema bantuan dan langkah-langkah untuk mendukung program pemerintah yang bertujuan untuk membantu mengurangi kendala keuangan yang dihadapi oleh pra mitra Grab.

Adapun langkah-langkah tersebut antara lain:

Grab bersama TPI tengah menyiapkan program dan inisiatif yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu keberlangsungan pendapatan mitra pengemudi yang juga ikut terkena dampak dari pandemi Covid-19.

Sejumlah program kerja sama yang disiapkan antara Grab dengan TPI antara lain adalah penundaan biaya rental mobil hingga dua (2) bulan ke depan serta pemberian dana tunai sebagai bagian dari program loyalitas mitra yang tergabung dalam TPI.

Inisiatif ini akan terlaksana dengan mendapatkan dukungan dari pihak Perbankan.

Informasi lebih rinci dari program ini telah disampaikan kepada mitra pengemudi yang menjadi anggota TPI dan kebijakan ini akan dievaluasi setelah periode dua bulan.

Mitra pengemudi anggota TPI juga tetap akan mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, asuransi jiwa serta program beasiswa bagi putra-putri mereka yang masih berjalan. Berbagai Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Grab untuk melindungi kesejahteraan para mitra pengemudinya.”

poolgabr 3.jpg

Referensi:

The post [SALAH] Kumpulan Mobil di Pool Grab Cinere karena Sopir Tidak Sanggup Bayar Kredit Saat Covid-19 appeared first on TurnBackHoax.

Bagikan

Info Penting