[SALAH] “SITUBONDO LOCKDOWN” - Hoax Buster | Covid19.go.id

Hoax Buster

[SALAH] “SITUBONDO LOCKDOWN”

Pesan berantai terkait dengan klaim bahwa Situbondo lockdown akibat persebaran virus corona atau Covid-19 beredar di tengah masyarakat. Menurut narasi yang disampaikan, beberapa titik di wilayah Situbondo akan dijaga ketat oleh pihak keamanan. Menanggapi informasi tersebut, Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Situbondo dengan tegas menyatakan narasi dalam pesan tersebut tidak benar.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

Kategori: Fabricated Content

=====

Situbondo lockdown

Sumber: Pesan Berantai WhatsApp

=====

Narasi:

SITUBONDO LOCKDOWN

Mulai mala mini sudah ada penjagaan gabungan TNI, POLRI dan PEMKAB di 4 Titik

1 , Ujung Barat Hotel Utama Raya

2, Pertigaan Suboh menuju Bondowoso

3, Perbatasan Bondowoso – Situbondo (Desa Kalibagor)

  1. Di Wilayah Timu Banyuputih – Banyuwangi (TN. Baluran)

Diberitahukan pada saudara” kita yg diluar kota.

Jangan Mudik…

Karena akan di Isolasi selama 14 hari + 14 hari (28 hari)

Isolasi sudah disiapkan di

Sidomuncul 2 dg penjagaan yg sangat ketat

Demikian Info

=====

Penjelasan:

Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Situbondo angkat bicara terkait dengan beredarnya informasi yang menyebut bahwa Situbondo akan berlakukan system lockdown. Dalam pesan yang beredar, disebutkan bahwa beberapa titik di wilayah Situbondo akan dilakukan penjagaan ketat oleh pihak keamanan.

Namun pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa narasi dalam pesan tersebut adalah tidak benar alias hoaks. Melansir dari detik.com, Kepala Bagian Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Situbondo Agung Wintoro menyatakan bahwa tidak benar Situbondo memberlakukan sistem lockdown.

“Terkait berita Situbondo Lockdown, perlu disampaikan bahwa pemerintah pusat telah menyampaikan tidak ada lockdown. Baik negara maupun daerah,” jelas Agung.

Agung menambahkan, jika saat ini pemerintah telah mengeluarkan aturan tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun tidak mudah untuk menerapkan aturan itu sendiri. Untuk menjadi daerah PSBB harus melalui keputusan Menteri Kesehatan dengan sejumlah kriteria.

“Di Situbondo sendiri, saat ini masih dibuat analisis tentang PSBB. Makanya, kabar atau berita Situbondo lockdown itu adalah hoaks,” tegas Agung.

=====

Referensi:

Situbondo lockdown

Situbondo lockdown

Situbondo lockdown

Situbondo lockdown

Situbondo lockdown

Situbondo lockdown

The post [SALAH] “SITUBONDO LOCKDOWN”appeared first on TurnBackHoax.

Bagikan

Info Penting