[SALAH] Video “Italia Bergema Takbir Aamiin” - Hoax Buster | Covid19.go.id

Hoax Buster

[SALAH] Video “Italia Bergema Takbir Aamiin”

BUKAN di Italia dan TIDAK terkait dengan wabah virus Corona COVID-19. Peristiwa di video itu adalah aksi unjuk rasa untuk memprotes penindasan Muslim Uighur Cina di St. Georg, Hamburg, Jerman pada Januari 2020.

Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Referensi

=====

Kategori: Konten yang Salah

=====

Akun Ishaq Asy’ari (fb.com/ishaq.asyari.7) membagikan video yang diunggah oleh akun Varial SH (fb.com/baang.varial) dengan narasi sebagai berikut:

“Sdh terjdi wabah yg luar biasa baru ingat akan kkuasaan Allah, sbelum2nya mreka terlena dgn knikmatan dunia dgn berbagai gaya hidup, rupa2nya takut jg akan kmatian, smg hal ini mnjadi pelajaran bg yg berakal.”

Video yang diunggah oleh akun Varial SH itu disertai narasi “Subhanallah Italia Bergema Takbir…Allahu Akbar…” dan terdapat narasi “ITALIA bergema takbir aamiin” di video.

Sumber: https://perma.cc/M9M6-9FH9 (Arsip)

Hoaks Italia Bergema Takbir1

=====

Penjelasan:

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa video itu adalah video orang-orang yang sedang bertakbir dan direkam di Italia adalah klaim yang salah.

Peristiwa di video itu adalah aksi unjuk rasa untuk memprotes penindasan Muslim Uighur Cina di St. Georg, Hamburg, Jerman pada Januari 2020.

Salah satu kanal Youtube, AfD Hamburg mengunggah video yang sama pada 18 Januari 2020 dengan judul “Allahu Akbar -Rufe in Hamburg”.

Dikutip dari situs dzienniknarodowy.pl, dua hingga tiga ribu orang berdemonstrasi Sabtu lalu di Hamburg melawan penindasan minoritas Muslim Uighur di Cina. Menurut polisi, tidak ada insiden selama protes di jalan di St. Georg.

Daerah ini adalah distrik gay di Hamburg yang terkenal dengan toko desain interior aslinya, studio seniman, dan kafe serta bar yang trendi. Namun, pada saat yang sama, itu juga merupakan distrik imigran. Orang asing merupakan sekitar 30% dari populasi.

Cabang Hamburg dari Kantor Federal untuk Perlindungan Konstitusi (Bundesamt für Verfassungsschutz, BfV)–dinas intelijen sipil Jerman – mengumumkan pada hari Jumat bahwa kaum Islamis dari Hizb at-Tahrir (Partai Pembebasan) mengorganisir rapat umum.

Hoaks Italia Bergema Takbir2

Hoaks Italia Bergema Takbir3

Hoaks Italia Bergema Takbir4

Referensi:

The post [SALAH] Video “ITALIA bergema takbir aamiin” appeared first on TurnBackHoax.

Bagikan

Info Penting