[SALAH] Daftar Zona Merah Daerah Terjangkit Virus Corona oleh TNI - Hoax Buster | Covid19.go.id

Hoax Buster

[SALAH] Daftar Zona Merah Daerah Terjangkit Virus Corona oleh TNI

Sebuah tangkapan layar berupa kertas surat yang mengatasnamakan Tentara Nasional Indonesia perihal daftar daerah zona merah terjangkit virus corona atau Covid-19 beredar. Yang padahal jika dilakukan penelusuran lebih lanjut, pihak TNI dengan tegas membantah jika tidak benar pihaknya telah membuat atau menyebarkan daftar seperti halnya yang tercantum tersebut.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

Kategori: Misleading Content

=====

Sumber: Tangkapan Layar (Kertas Surat)

=====

Narasi:

MARKAS BESAR TENTARA NASIONAL INDONESIA PUSAT KESEHATAN

DAFTAR DAERAH ZONA MERAH COVID-19

=====

Penjelasan:

Melalui pesan berantai WhatsApp, beredar sebuah tangkapan layar berupa daftar sejumlah daerah di DKI Jakarta dan beberapa wilayah termasuk di Jawa Barat yang berstatus zona merah virus corona atau COVID-19 mengatasnamakan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dalam tangkapan layar tersebut, terlihat bahwa si pembuat pesan menyertakan nama Pusat Kesehatan Markas Besar TNI.

Namun pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, pihak TNI menyatakan tidak mengeluarkan surat edaran seperti halnya tersebut. Melansir dari merdeka.com, melalui Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen. Bambang Dwi Hasto menegaskan pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat edaran terkait daerah yang masuk ke dalam zona merah COVID-19.

“Tidak benar, karena tidak adanya tanda tangan,” tegas Bambang Dwi.

Mayjen Bambang juga menghimbau masyarakat agar menggunakan situs-situs resmi untuk mengetahui setiap perkembangan data terkait COVID-19 di Indonesia. salah satunya adalah website yang sudah dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta corona.jakarta.go.id.

“Bisa dikonfirmasi di website ini http://corona.jakarta.go.id. Berdasarkan website, satu-satu keluar namanya nanti,” jelas Bambang.

“itu kalau di website-nya corona di DKI di peta ada bintik-bintik merah itu, kalau bintik merahnya ditekan keluar kelurahan, kecamatan itu,” sambungnya.

=====

Referensi:

Daftar Zona Merah1

Daftar Zona Merah2

Daftar Zona Merah3

Daftar Zona Merah4

Daftar Zona Merah5

Daftar Zona Merah6

Daftar Zona Merah7

The post [SALAH] Daftar Zona Merah Daerah Terjangkit Virus Corona Oleh TNI appeared first on TurnBackHoax.

Bagikan

Info Penting