[SALAH] Peta Zona Merah Virus Corona Wilayah Purwokerto - Hoax Buster | Covid19.go.id

Hoax Buster

[SALAH] Peta Zona Merah Virus Corona Wilayah Purwokerto

Melalui media sosial Facebook dan pesan berantai WhatsApp, beredar unggahan yang disertai dengan tangkapan layar berupa peta yang diklaim merupakan daerah zona merah wilayah Purwokerto yang terdampak virus corona atau Covid-19. Dari unggahan tersebut, rupanya banyak masyarakat yang percaya dan mengunggahnya kembali di media sosial Facebook mereka. Menanggapi hal tersebut, Bupati Banyumas yang sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Banyumas menyatakan bahwa peta zona merah terdampak Covid-19 di Purwokerto adalah tidak benar alias hoaks.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KAategori: Misleading Content

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

=====

Narasi:

ZONA MERAH corona daerah purwokerto

=====

Penjelasan:

Masyarakat Purwokerto dikejutkan dengan kemunculan informasi berupa tangkapan layar dengan klaim peta zona merah daerah terdampak virus corona atau Covid-19 di Purwokerto. Informasi yang beredar dalam beberapa waktu terakhir itu tersebar melalui media sosial Facebook dan juga pesan berantai WhatsApp.

Jika melihat dari tangkapan layar yang beredar, dalam gambar peta menujukkan wilayah zona merah dengan dikelilingi garis berwarna merah. Terlihat dalam gambar, beberapa wilayah yang dikelilingi garis zona merah antara lain Jalan dr. Suharso, Jalan dr. Angka dan Jalan Soeparno Selatan. Guna meluruskan informasi yang tidak sesusai dengan fakta, Bupati Banyumas-pun angkat bicara.

Melansir dari kompas.com, Bupati Banyumas Achmad Husein yang sekaligus adalah Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Banyumas menyatakan bahwa tangkapan layar peta zona merah tersebut adalah tidak benar alias hoaks. Husein juga turus menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam mencerna informasi.

“Kami tidak mengeluarkan itu. Saya mengingatkan kepada seluruh masyarakat Banyumas agar tidak termakan berita hoaks,” tegas Husein.

Hoaks peta zona merah wilayah Purwokerto semakin diperkuat dengan pernyataan terkait dengan lima Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang masuk ke dalam zona merah Covid-19. Melansir dari idntimes.com, lima Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang masuk ke dalam zona merah Covid-19 adalah Kota Semarang, Kota Surakarta (Solo), Kabupaten Magelang, Kabupaten Banyumas dan Kota Pekalongan. Dapat disimpulkan bahwa, tangkapan layar zona merah wilayah Purwokerto adalah tidak benar alias hoaks. Unggahan tersebut mengacu kepada konten yang menyesatkan atau biasa disebut dengan misleading content.

=====

Referensi:

Corona Wilayah Purwokerto

Corona Wilayah Purwokerto

Corona Wilayah Purwokerto

Corona Wilayah Purwokerto

Corona Wilayah Purwokerto

Corona Wilayah Purwokerto

Corona Wilayah Purwokerto

Corona Wilayah Purwokerto

Corona Wilayah Purwokerto

The post [SALAH] Peta Zona Merah Virus Corona Wilayah Purwokerto appeared first on TurnBackHoax.

Bagikan

Info Penting