Saya merasa sakit. Apakah ini virus corona? Apakah saya perlu ke Rumah Sakit? - Berita Terkini | Covid19.go.id

Berita Terkini

Saya merasa sakit. Apakah ini virus corona? Apakah saya perlu ke Rumah Sakit?

Anda pilek, merasa lelah atau masuk angin lalu bertanya-tanya: apa ini karena virus corona (COVID-19)? Apa yang harus Anda lakukan?

Pertama, ingat WHO (Badan Kesehatan Dunia) menyatakan kebanyakan orang yang terinfeksi virus mengalami gejala-gejala ringan, seperti batuk dan demam tinggi dan mereka tidak perlu dirawat di rumah sakit.

Kelompok yang berisiko mengalami sakit parah adalah orang lansia (lanjut usia) dan orang yang memiliki masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes atau paru-paru.

Fasilitas kesehatan harus diutamakan bagi orang-orang yang berisiko mengalami gejala parah atau kebutuhan pengobatan serius lainnya. Dikhawatirkan bila semua orang yang sekedar merasa terpapar virus pergi ke sarana kesehatan, maka sarana kesehatan akan kewalahan.

Jadi, bila sakitnya ringan, istirahat saja di rumah. Selalu pantau kondisi Anda, makan makanan bergizi dan cukup minum air. Selalu jaga jarak dengan anggota keluarga lain minimal 1 meter dan gunakan masker. Bila ada orang yang membantu pekerjaan di rumah, maka dia pun harus menggunakan masker. Gunakan perlengkapan makan minum (piring, gelas dll) yang terpisah dari anggota keluarga lain. Seringlah mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 20 detik dan bersihkan permukaan-permukaan benda seperti gagang pintu, meja dan lain-lain dengan disinfektan. Bila keadaan memburuk

Bila kondisi Anda memburuk, khususnya dengan demam tinggi dan sesak napas, segera telephon atau pergi ke sarana kesehatan setempat. Lebih baik jangan bawa anak ke sarana kesehatan. Anak-anak tetap tinggal di rumah dan orang yang mengantar Anda cukup 1-2 saudara atau kerabat saja. Bila memungkinkan, jangan gunakan kendaraan umum. Selalu jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain termasuk di sarana kesehatan dan sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).

Virus corona dapat menyebar di jarak dekat dari orang sakit melalui percikan yang dikeluarkan saat batuk, bersin atau napas. Virus juga dapat menyebar karena menyentuh benda yang telah terpapar virus. Para ahli memperkirakan satu orang sakit dapat menulari 2-3 orang lainnya.

Kuncinya, tetap tenang dan pahami apa yang terbaik dilakukan untuk diri Anda dan keluarga.

Bila Anda ingin bertanya, silahkan kontak hotline 119 Ext. 9

Bagikan

Info Penting